Selasa, 09 Oktober 2007

SELAYANG PANDANG SMP TERBUKA HARAPAN RAKYAT

Membaca barisan-barisan kata di bawah ini, semoga bisa memberikan gambaran selintas tentang apa yang sedang kami lakukan. Ada yang harus menemani dan meneguhkan semangat mereka. Bahwasanya, masih ada harapan untuk bersekolah. Bahwasanya, masih ada jalan untuk ditempuh.
Bahwasanya, masih ada kesempatan untuk membawa tas, buku, penggaris, dan pensil..untuk cita-cita setinggi langit.

Visi
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka “Harapan Rakyat”, dalam setiap gerak langkahnya, selalu bernafaskan visi “menjadi pelopor pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu di Desa Moro-moro Register 45 Sungai Buaya Tulang Bawang”.

Misi
Membuka sekolah gratis bagi siswa miskin dan golongan kurang mampu di Desa Moro-moro Register 45 Sungai Buaya Tulang Bawang
Memanfaatkan semua sarana dan potensi yang ada di masyarakat sebagai modal dasar pendidikan.
Menyelenggarakan aktivitas pendidikan formal yang setara dengan SMP Reguler namun lebih fleksibel dalam pengaturan tempat dan waktu.
Menggalang semua lapisan masyarakat untuk berperan aktif mencerdaskan generasi muda harapan bangsa.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka “Harapan Rakyat” yang didirikan pada tahun 2006 merupakan sebuah sekolah mandiri yang berangkat dari inisiatif masyarakat yang bekerjasama dengan sekolah-sekolah milik pemerintah yang telah ada guna mendukung terlaksananya program Wajib Belajar 9 Tahun.

Dengan, serta dengan memanfaatkan tenaga lokal di desa tersebut serta dukungan beberapa mahasiswa.SMP Terbuka “Harapan Rakyat” memiliki tenaga pendidik dan pengelola yang tentunya sangat mengerti akan permasalahan pendidikan di desanya masing-masing. Hal itu juga dikarenakan keterlibatan tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki kredibilitas dan sensitifitas yang tidak diragukan lagi.

Program utama dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka “Harapan Rakyat” adalah penyelenggaraan pendidikan SMP di Desa Moro-moro Register 45 Sungai Buaya Tulang Bawang. Kedepannya SMP Terbuka “Harapan Rakyat” juga berorientasi untuk menumbuh kembangkan jiwa wirausaha di kalangan para pengelola SMP terbuka . Misalnya pelajaran tambahan seperti beternak dan pengobatan dengan tanaman obat tradisional. Dengan demikian, selain berkonsentrasi pada keberhasilan pendidikan, mereka diharapkan dapat memiliki jiwa wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan sosial di masa mendatang.

Kurikulum
Sama dengan SMP Reguler, dengan program pembelajaran dirancang dengan tujuan minimal supervisi guru dan peningkatan kemandirian siswa. SMP Induk juga memberikan NIS (Nomor Induk Siswa) kepada siswa-siswa SMP Harapan Rakyat.

Waktu
Waktu kegiatan belajar bisa dilakukan seluwes mungkin. Pengelola SMP bisa berkoordinasi dengan guru dan siswa untuk menentukan
kapan sebaiknya waktu untuk tatap muka. Sarana-Sarana penunjang kegiatan belajar diperoleh dari penggalangan dana masyarakat sekitar atau memanfaatkan fasilitas yang telah ada (misal: papan tulis balai desa). Seluruh buku-buku paket pelajaran untuk anak didik diberikan dengan gratis

Tempat
Tempat Belajar bisa memakai sekretariat organisasi, balai desa, masjid, musholla, gereja, ruang tamu penduduk, ataupun ruang kelas SMP Induk. Lokasi dipilih sedekat mungkin dengan domisili para siswa.

Organisasi
Pendiri Persatuan Petani Miskin Way Serdang (PPMWS)
Penanggung Jawab M.Riyanto (Ketua PPMWS)
Penasehat D. Carlo Purba (YABIMA Metro)
Tisnanta, M.Si (Dosen UNILA)
S. Indri.S.Sos, M.Si (Dosen UNILA)
Miko Peryando (FMN Cabang Bandar lampung)

Ketua Pelaksan harian Budianto
Bendahara Sariyadi

Guru Tetap Ida , Eko Widyanto
Relawan Eko Budhi Santoso
Risman Sidahurup SH
Muhamad Tohir SH
Umi Laila S.Pd
M. Agung Kurniawan

Bid. Kampanye Oki Hajiansyah Wahab
Fund Rising Mbah Mul, Marianus Sidabutar

Sekretariat dan Kontak
Sekretariat PPMWS :
Jl. Lintas Timur ,Desa Moro-Moro, Register 45 Sungai Buaya, Kecanatan Way Serdang, Kabupaten Tulang Bawang

Kontak Person :
Oki (081927814324), Maryanto (081369273120),
Budiyono (085269300932), Eko (085669654599)

Penutup
Dalam perkembangannya, SMP Terbuka Harapan Rakyat akan terus menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan maupun pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat desa.

Lonceng sekolah telah berbunyi, tanda sekolah telah usai. Demikian pula sekelumit gambaran tentang Sekolah Rakyat ini. Demikian pula akhir lembaran-lembaran ini adalah sedikit bekal bagi Anda untuk mengenal selayang pandang SMP TERBUKA ‘HARAPAN RAKYAT”.

Seusai barisan-barisan kata ini Anda baca, kami berharap kita bisa bersama-sama menarik gerbong pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.
Semoga saja.

Tidak ada komentar: